Kontribusi Praktik Berbahasa Dalam Keluarga Terhadap Keterampilan Berbicara Anak

Fajri Rahman, 190209029 (2023) Kontribusi Praktik Berbahasa Dalam Keluarga Terhadap Keterampilan Berbicara Anak. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kontribusi Praktik Berbahasa Dalam Keluarga Terhadap Keterampilan Berbicara Anak] Text (Kontribusi Praktik Berbahasa Dalam Keluarga Terhadap Keterampilan Berbicara Anak)
Fajri Rahman, 190209029, FTK, PGMI, 082160755387.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang kontribusi Pratik berbahasa dalam keluarga terhadap keterampilan berbicara anak didasarkan pada permasalahan yang ditemukan di lapangan di MIN 8 Aceh Barat Daya masih ada siswa kurang keterampilan berbicaranya karena kurangnya praktik berbahasa yang baik dalam keluarga. Padahal, orang tua sudah mulai membiasakan menggunakan Bahasa Indonesia sejak dini, namun faktor lingkungan memengaruhi bahasa anak. Maka, peneliti ingin mengetahui kontribusi praktik berbahasa dalam keluarga terhadap keterampilan berbicara anak dengan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimental Jenis one group pretes-postest desain. Tempat penelitian di MIN 8 Aceh Barat Daya dan juga lingkungan keluarga anak dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angketdan dokumentasi. Angket yang diuji kemudian dianalisis datanya. Maka, mendapatkan hasil analisis data bahwa kontribusi praktik berbahasa dalam keluarga sangatlah cukup baik dengan hasil N-Gain kelas eksperimen yang rata-rata persentasinya yaitu 69% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hal tersebut maka dapat diketahui bahwa adanya kontribusi praktik berbahasa dalam keluarga yang cukup terhadap keterampilan berbicara anak kelas Va MIN 8 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fajri Rahman
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:53
Last Modified: 14 Sep 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31156

Actions (login required)

View Item
View Item