Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN 2 Indrapuri Melalui Program Reading Day

Muhammad Nazir, 180503078 (2023) Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN 2 Indrapuri Melalui Program Reading Day. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN 2 Indrapuri Melalui Program Reading Day] Text (Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN 2 Indrapuri Melalui Program Reading Day)
Muhammad Nazir, 180503078 , FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SDN 2 Indrapuri Melalui Program Reading Day”. Berdasarkan hasil penelitian dalam meningkatkan minat baca siswa masih ditemukan siswa yang kurang lancar dalam membaca, hal ini dikarenakan siswa kurang berminat dalam membaca. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN 2 Indrapuri serta apa saja kendala yang dialami guru dalam menerapkan program Reading Day. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif. Pada penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah 6 orang guru. Sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah 12 orang siswa. Tekhik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa semenjak adanya peran guru dalam program reading day adanya peningkatan minat siswa dalam membaca. Akan tetapi dalam pelaksanaan program reading day guru juga mengalami beberapa kendala yaitu tidak adanya pergantian buku setiap tahun, kurangnya buku, ruangan perpustakaan yang sempit, adanya penghambat minat baca siswa, serta faktor orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Nazir
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:51
Last Modified: 28 Aug 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31163

Actions (login required)

View Item
View Item