Penerapan Media Belajar Video Animation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X Di SMK Negeri 2 Kutacane

Miftah Rizki Desky, 170211013 (2023) Penerapan Media Belajar Video Animation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X Di SMK Negeri 2 Kutacane. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Video Animation] Text (Video Animation)
Miftah Rizki Desky, 170211013, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Media belajar kini telah menjadi inti dari kegiatan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar disebabkan beberapa faktor yaitu salah satunya kurangnya minat dan motivasi belajar siswa karena media belajar yang itu-itu saja. Oleh karena itu diperlukannya media pembelajaran yang menarik dan terbaru yang mampu meningkatkan keaktifan siswa, salah satu medianya adalah video animasi. Pembuatan video animasi dalam penelitian ini menggunakan beberapa aplikasi yaitu text to speech prosa, adobe express dan kinemaster pro sehingga terciptalah sebuah media pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen soal Pre-test dan Post-test sebagai alat pengumpulan data. Sampel dari penelitian ini berrjumlah 9 orang yang merupakan siswa kelas X. Hasil dari penelitian menunjukkan data peningkatan hasil belajar siswa dari 55,6 hasil pre-test dan meningkat menjadi 77,8 hasil pos-test setelah adanya penerapan media belajar video animasi. Data hasil uji T-Test membuktikan bahwa nilai signifikan. Sig. (2-tailed) sebesar 0,030 lebih besar dari 0,05. Nilai ini dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa setelah adanya penerapan media belajar video animation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 2 Kutacane. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan untuk menjadi panduan dan rekomendasi bagi sekolah dan pendidik dalam mengoptimalkan penggunaan video animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Miftah Rizki Desky Rizki
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:46
Last Modified: 23 Aug 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31166

Actions (login required)

View Item
View Item