Evaluasi Pemodelan Perhitungan Loss Of Load Probability Dalam Perencanaan Keandalan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya

Srikandi, 180211017 (2023) Evaluasi Pemodelan Perhitungan Loss Of Load Probability Dalam Perencanaan Keandalan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Evaluasi Pemodelan Perhitungan  Loss Of Load Probability Dalam Perencanaan Keandalan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya] Text (Evaluasi Pemodelan Perhitungan Loss Of Load Probability Dalam Perencanaan Keandalan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya)
Srikandi, 180211017, FTK, PTE, 081285703366.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan ekonomi maka kebutuhan energi primer terus meningkat. Akibatnya, kebutuhan energi listrik semakin bertambah. Sehingga perlunya suatu pembangkit energi listrik yang dapat memenuhi dan melayani kebutuhan energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya Aceh milik PT. PLN, merupakan salah satu pembangkit listrik di Sumatera. Keandalan sistem operasi pembangkit listrik merupakan patokan untuk kerja dari suatu sistem pembangkit sekaligus sebagai tingkat jaminan pasokan energi listrik melayani beban ke konsumen. Pada penelitian ini digunakan salah satu metode untuk menghitung keandalan pembangkit listrik menggunakan metode Loss of Load Probbaility. Dalam perhitungan dengan resiko kegagalan yang rendah maka akan diperoleh tingkat keandalan yang tinggi dalam pengoperasian sistem tenaga listtik. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya Aceh milik PT. PLN didapatkan nilai LOLP sebesar 0,6423 % atau setara dengan padam 234 hari/tahun dapat dikatakan bahwa PLTU Nagan Raya belum dikategorikan Handal karena tidak sesuai dengan standar PT PLN yaitu lebih kecil dari 0,274 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Srikandi Srikandi
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:47
Last Modified: 23 Aug 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31169

Actions (login required)

View Item
View Item