Pendekatan Ustadz dan Ustadzah Terhadap Minat Baca Al-Qur’an Santri TPA Fathun Qarib UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Lisa Zaura, 170201129 (2021) Pendekatan Ustadz dan Ustadzah Terhadap Minat Baca Al-Qur’an Santri TPA Fathun Qarib UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendekatan Ustadz dan Ustadzah Terhadap Minat  Baca Al-Qur’an Santri TPA Fathun Qarib UIN Ar-  Raniry Banda Aceh] Text (Pendekatan Ustadz dan Ustadzah Terhadap Minat Baca Al-Qur’an Santri TPA Fathun Qarib UIN Ar- Raniry Banda Aceh)
Lisa Zaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana manusia menuju kehidupan yang lebih baik dan berguna. Hakikatnya, membaca dan mempelajari Al-Qur’an begitu banyak manfaatnya bagi setiap Muslim. Keberadaan TKA/TKQ dan TPA/TPQ mempunyai potensi dan pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan pendidikan keagamaan, karena TKQ dan TPQ berperan besar dalam membangun akhlak dan moral calon generasi penerus bangsa. TPA Fathun Qarib sangat eksis dalam perbincangan masyarakat sehingga menarik untuk diteliti apakah kelebihan mengaji di TPA tersebut. Ustadz dan ustadzah TPA Fathun Qarib menggunakan beberapa pendekatan, sehingga santri bertambah minat membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitiannya adalah direktur, 2 ustadz, 2 ustadzah, dan 19 santri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: teknik observasi, teknik wawancara, teknik angket, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian skripsi menunjukkan bahwa: 1) Adanya program dari kurikulum pengajaran yang ditetapkan oleh LPPTKA BKPRMI Nasional 2) Pendekatan yang digunakan oleh ustadz dan ustadzah dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada santri yaitu pendekatan individu, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi/campuran.dan pendekatan edukatif. 3) terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi oleh ustadz dan ustadzah ketika mengajarkan santri baca Al-Qur’an, antara lain: Kurangnya kepedulian orang tua terhadap santri, Sulit menghadapi santri yang terlalu aktif, dan sistem mengajar ustadz dan ustadzah di TPA Fathun Qarib tidak konsisten pada santri yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lisa Zaura Zaura
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:58
Last Modified: 23 Aug 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31174

Actions (login required)

View Item
View Item