Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Layak Huni (Rlh) Pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Banda Aceh (Studi Penerima Program Rumah Layak Huni)

Yulia Misrayandi, 1608020119 (2023) Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Layak Huni (Rlh) Pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Banda Aceh (Studi Penerima Program Rumah Layak Huni). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Layak Huni (Rlh) Pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Banda Aceh (Studi Penerima Program Rumah Layak Huni)] Text (Efektivitas Pelaksanaan Program Rumah Layak Huni (Rlh) Pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Banda Aceh (Studi Penerima Program Rumah Layak Huni))
Yulia .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) merupakan program yang dibentuk dengan tujuan memperbaiki kondisi fisik rumah secara menyeluruh ataupun melakukan renovasi sehingga masyarakat mendapatkan rumah yang layak untuk ditempati. Program Rumah Layak Huni (RLH) dipandang mampu mengurangi kemiskinan dan meratakan kesejahteraan bagi masyarakat melalui pembangunan hunian yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembangunan rumah layak huni sudah berjalan efektif sesuai dengan 4 indikator yang digunakan, yaitu efektivitas kebijakan, perencanaan dan program, ketentuan pembangunan dan pembangunan yang ideal. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat dua kendala yang dihadapi oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Banda Aceh yaitu, rendahnya Sumber Daya Manusia dan kurangnya pengawasan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan Program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) sudah berjalan dengan efektif dan sangat memberi dampak yang positif bagi masyarakat, namun rendahnya Sumber Daya Manusia dan kurangnya pengawasan menjadi penghambat pelaksanaan Program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang diselenggarakan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Yulia Misrayandi Yulia
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:04
Last Modified: 23 Aug 2023 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31178

Actions (login required)

View Item
View Item