Pengelolaan AnggaranPendapatan dan Belanja Gampong untuk Kesejahteraan Masyarakat (Kajian di Gampong Krueng Anoi Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar)

Intan Marjani, 160602014 (2023) Pengelolaan AnggaranPendapatan dan Belanja Gampong untuk Kesejahteraan Masyarakat (Kajian di Gampong Krueng Anoi Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Keuangan Desa, APBDes.] Text (Pengelolaan Keuangan Desa, APBDes.)
Intan Marjani, 160602014,FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang merupakan keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa. disamping itu, Permendegri Nomor 20 Tahun 2018 diekspektasikan bisa diimplementasikan secara terbuka, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan APBG untuk kesejahteraan masyarakat di Gampong Krueng Anoi Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data dengan cara survei dan wawancara secara langsung atau menjelaskan kata demi kata sehingga menjadi suatu kalimat dan data yang dapat mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan Pengelolaan APBDes pada Gampong Krueng Anoi Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban sudah dilakukan dengan baik dan tertata rapi tanpa ada kendala. Dengan bantuan Aplikasi SISKEUDES sangat memudahkan pemerintah Gampong Krueng Anoi dalam melakukan pelaporan keuangan desa secara tepat waktu dan akan menjadi lebih efektif dan efisien serta dapat mewujudkan prinsip akuntabilitasi dan transparansi penggunaan dana. Sehingga dapat mewujudkan visi Gampong Krueng Anoi menjadi gampong yang makmur dan sejahtera.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Marjani Intan
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:12
Last Modified: 23 Aug 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31181

Actions (login required)

View Item
View Item