Perancangan Prototype UI/UX Sistem Informasi Seminar Proposal Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Menggunakan Metode Ucer Centered Design (UCD)

Nisa Afdhila, 180705011 (2023) Perancangan Prototype UI/UX Sistem Informasi Seminar Proposal Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Menggunakan Metode Ucer Centered Design (UCD). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Prototype UI/UX sistem Informasi Seminar   Proposal Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry  Menggunakan Metode Ucer Centered Design (UCD)] Text (Perancangan Prototype UI/UX sistem Informasi Seminar Proposal Prodi Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Menggunakan Metode Ucer Centered Design (UCD))
Revisian Tugas Akhir upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Program Strata-1 Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu jurusan di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Program Studi (Prodi) ini terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dalam berbagai aspek untuk memenuhi kebutuhan dalam setiap proses kegiatan. Kasusnya, prodi TI belum mempunyai sistem untuk mengatur prosedur pelaksanaan seminar proposal, oleh karena itu diperlukan sistem agar setiap proses penyelenggaraan seminar dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Namun, sebelum sebuah sistem dibuat, dibutuhkan perancangan UI/UX yang memiliki nilai usability yang tinggi agar dapat diterima oleh calon pengguna. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan prototype UI/UX menggunakan metode User Centered Design (UCD), lalu dilakukan evaluasi untuk mendapatkan nilai usability menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Dari hasil evaluasi yang dilakukan atas ke-6 aspek UEQ, perancangan prototype UI/UX sistem informasi seminar proposal prodi Teknologi Informasi ini mendapatkan nilai 2,13 untuk aspek daya tarik, 2,15 untuk aspek kejelasan, 2,16 untuk aspek efisiensi, 2,15 untuk aspek ketepatan, 2,15 untuk aspek stimulasi dan 2,16 untuk aspek kebaruan. Nilai rata-rata untuk ke-6 aspek tersebut tergolong kedalam kategori “excellent” sesuai kriteria benchmark UEQ. Nilai tersebut membuktikan bahwa hasil perancangan prototype UI/UX memiliki nilai usability yang tinggi dan sesuai dengan keinginan calon pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Nisa Afdhila Nisa
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:15
Last Modified: 23 Aug 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item
View Item