Penerapan Media Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Keberanian Anak Usia Dini di TK Cingoran

Pretina Humaira, 180210032 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Keberanian Anak Usia Dini di TK Cingoran. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Keberanian Anak Usia Dini di TK Cingoran] Text (Penerapan Media Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Keberanian Anak Usia Dini di TK Cingoran)
skripsi pretina Humaira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki pengaruh dalam meningkatkan perkembangan anak. Permasalahan yang ditemukan di TK Cingoran adalah anak yang keberaniannya masih kurang berkembang dan menjawab pertanyaan atau tampil ke depan teman-temannya, karena media pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi. Media pembelajaran yang digunakan sebatas buku dan papan tulis. Penggunaan media yang dimaksud dianggap tidak bisa meningkatkan keberanian anak di TK Cingoran. Tujuan Penelitian untuk menerapkan media pembelajaran talking stick dalam meningkatan keberanian anak usia dini di TK Cingoran. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dan menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Cingoran yaitu anak kelompok B yang berjumlah 10 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi untuk melihat peningkatan keberanian mengunakan media talking stick. Data dianalisis dengan bivariate menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan keberanian anak sebelum penerapan media pembelajaran talking stick dengan kriteria Belum Berkembang (BB) sebesar 20.0%, dan terdapat peningkatan keberanian setelah penerapan media pembelajaran talking stick dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 60.0%. Hasil analisis uji-t diperoleh t_hitung = 20.6, dan〖 t〗_tabel= 1.833 dengan derajat bebas (db) 10-1 = 9 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil perhitungan menunjukan bahwa t_hitung>〖 t〗_tabel sehingga Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian penerapan media pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keberanian anak usia dini di TK Cingoran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Pretina Humaira Pretina
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:12
Last Modified: 23 Aug 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31186

Actions (login required)

View Item
View Item