Kinerja Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar.

Mila Sarmila, 180206081 (2022) Kinerja Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kinerja Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar.] Text (Kinerja Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar.)
Mila Sarmila SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru merupakan kualifikasi yang harus dimiliki oleh setiap guru dan perlu adanya upaya peningkatan secara terus menerus. Sehingga dalam hal ini tidak lepas dari kinerja pengawas yang menjalankan tugasnya untuk memberikan pembinaan profesional kepada guru. Kinerja pengawas merupakan hasil kerja pengawas dalam memantau kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan-kegiatan yang sebelumnya direncanakan pada lembaga pendidikan terlaksana dan terselesaikan dengan baik. Adapun permasalahan yang dihadapi selama ini kinerja pengawas masih belum maksimal dalam hal peningkatan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk Mendeskripsikan program kerja pengawas pendidikan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar (2) Untuk mengetahui kendala pengawas penididikan dalam peningkatan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar, (3) Untuk mengetahui dampak program kerja pengawas pendidikan terhadap peningkatan kompetensi profesiobal guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara pendekatan deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian pengawas pendidikan, kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada 6 ptogram pengawasan yang dilakukan oleh pengawas yaitu: (1) program monitoring, (2) program supervisi, (3) program evaluasi, (4) program pembinaan, (5) program pelaporan, dan (6) program tindak lanjut. Kendala pengawas dalam melaksanakan programnya untuk peningkatan kompetensi profesional guru yaitu pengawas masih belum bisa memanage waktu dengan baik, pengawas kekurangan data guru dalam melakukan evaluasi dan pelaporan, dan terdapat guru tidak mau membawa laptop sebagai media pembinaan. penerapan program pengawas dalam peningkatan kompetensi profesional guru sudah baik dalam beberapa hal, yaitu: (1) terdapat guru yang bisa menguasai IT dengan baik, (2) terdapat guru yang sudah bagus dalam pembuatan perangkap ajar, (3) guru sudah mengajar dengan ikhlas, (4) guru melakukan refleksi dan evaluasi diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mila Sarmila Mila
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:27
Last Modified: 23 Aug 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31190

Actions (login required)

View Item
View Item