Analisis Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi Kasus di Kute Terutung Pedi Babussalam Aceh Tenggara)

Nurhayati, 160802140 (2023) Analisis Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi Kasus di Kute Terutung Pedi Babussalam Aceh Tenggara). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis  Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi Kasus di Kute Terutung Pedi Babussalam Aceh Tenggara)] Text (Analisis Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi Kasus di Kute Terutung Pedi Babussalam Aceh Tenggara))
Nur Hayati Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah desa merupakan unit pemerintah paling dasar pada hirarki yang diakui dalam system pemerintahan Nasional. Ini berarti bahwa pemerintah desa merupakan organisasi yang paling depan dalam penyelenggaraan pelayanan public dan yang terdekat dengan masyarakat karena pemerintah desa langsung melayani masyarakat.Penyelenggaraan pemerintahan desa yang prima tidaklah mudah,ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna melakukan pelayanan yang baik. Pada perkembangannya, kapasitas dari elemen pemerintahan desa maupun masyarakat juga menjadi tolok ukur dari kemajuan desa. Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan, didapati kinerja pemerintah desa dalam menyediakan pelayanan publik di Desa Terutung Pedi Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara masih memiliki kelemahan. Salah satunya disebabkan oleh adanya sumber daya aparatur pemerintah desa yang belum sepenuhnya memadai sehingga dalam hal pemberian pelayanan public tidak sesuai dengan prosedur pelayanan publik yang telah ditetapkan di kantor DesaTerutung Pedi, yang akhirnya dapat berdampak pada kurang efektif dan efisiennya pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa terhadap masyarakat,dan produktivitas pelayanan menjadi tidak maksimal.Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa produktivitas aparatur masih belum maksimal, namun kualitas layanan, responsivitas, responsibiltas dana kuntabilitas telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:27
Last Modified: 23 Aug 2023 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31195

Actions (login required)

View Item
View Item