Pengaruh Metode Storytelling Topeng Karakter Dalam Mengembangkan Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Bakongan Timur Aceh Selatan

Warnisah, 170210083 (2023) Pengaruh Metode Storytelling Topeng Karakter Dalam Mengembangkan Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Bakongan Timur Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Metode Storytelling Topeng Karakter] Text (Pengaruh Metode Storytelling Topeng Karakter)
Warnisah, 170210083, FTK, PAI, 085261102620.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode storytelling topeng karakter dalam mengembangan minat belajar anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Bakongan Timur-Aceh Selatan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperiment menggunakan desains one group pre test- postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK B usia 5-6 tahun, dan Sampel yng digunakan dalam penelitian ini adalah 15 orang anak usia 5-6 tahun di TK B, dengan menggunakan teknik Probality Sampling. Dalam penelitian ini, peneliti mendapatkan hasil dimana perkembangan minat belajar anak sebelum menggunakan metode storytelling topeng karakter dengan nilai rata- rata 2 dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), dan perkembangan minat belajar anak setelah menggunakan metode storytelling topeng karakter dengan nilai rata- rata 3 dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 20 dan ttabel = 1,761 dengan derajat bebas (db) 14 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan metode storyteliing topeng karakter berpengaruh dalam mengembangkan minat belajar anak di TK Dharma Wanita Bakongan Timur Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Warnisah Nisa
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:50
Last Modified: 24 Aug 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31210

Actions (login required)

View Item
View Item