Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran, dan Inovasi Produk terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Fashion dalam Perspektif Ekonomi Islam

Syadza Khaula Marzana, 190602125 (2023) Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran, dan Inovasi Produk terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Fashion dalam Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Inovasi Produk dan Perkembangan UMKM.] Text (Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Inovasi Produk dan Perkembangan UMKM.)
Syadza Khaula Marzana, 190602125, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sektor UMKM yang dapat memberikan kontribusi yang tak kalah penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan pemain utama dalam kegiatan perekonomian. Mereka merupakan akselerator dalam pengembangan ekonomi Masyarakat. Usaha mikro kecil menengah selama ini terbukti dapat diandalkan sebagai katup pengaman di masa krisis, melalui mekanisme penciptaan lapangan kerja dan memungkinkan dihimpunnya penerimaan negara berupa pajak. Dalam menjalankan sebuah usaha, faktor pendukung yang dibutuhkan adalah modal usaha, strategi dalam pemasaran produknya serta inovasi terbaru yang dapat memberikan sebuah pembaharuan dalam usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, strategi pemasaran serta inovasi produk terhadap perkembangan UMKM di Kampung Baru Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field researcq) dengan pendekatan penelitian adalah kuantitatif. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah UMKM Kampung Baru Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa variabel modal usaha, strategi pemasaran dan inovasi produk berpengaruh secara simultan. Sedangkan secara parsial semua variable independent berpengaruh secara signifikan terhadap variable dependen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Syadza Khaula Marzana Syadza
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:01
Last Modified: 24 Aug 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31213

Actions (login required)

View Item
View Item