I’lām al-Muttaqīn (Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral)

Ulfa Zahara, 190501008 (2023) I’lām al-Muttaqīn (Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of I’lām al-Muttaqīn (Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral)] Text (I’lām al-Muttaqīn (Suntingan Teks dan Telaah Ide Sentral))
Skripsi, Ulfa Zahara, 190501008, FAH, SKI, 082267625350 (1) (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Naskah I’lām al-Muttaqīn merupakan karya Syekh Jamaluddin bin Abdullah. Naskah I’lām al-Muttaqīn ini adalah salah satu naskah aksara Arab-Jawi berbahasa Melayu yang berisikan tentang pembinaan akhlak dan tasawuf. Setelah ditelusuri dan dilakukan perbandingan diperoleh dua naskah yang digunakan dalam penulisan ini, naskah pertama merupakan koleksi Museum Negeri Aceh dengan no inventaris 07.304/ 2269 sebagai naskah perbandingan dan naskah yang kedua merupakan koleksi British Library dengan kode EAP 229/5/1 sebagai naskah landasan. Tujuan penulisan ini adalah untuk menghasilkan suntingan teks dan menganalisis ide sentral yang terdapat di dalam naskah teks. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu metode filologi dengan metode landasan dikarenakan naskah tersebut lebih dari satu. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa pertama: suntingan teks dengan edisi kritis, dan kedua: mengetahui dengan jelas dan rinci isi naskah I’lām al-Muttaqīn. Ide sentral yang terdapat dalam teks ini adalah yang mengandung ajaran Islam mengenai ilmu pembinaan akhlak dan tasawuf. I’lām al-Muttaqīn terdiri dari tujub bab antara lain: Bab pertama tentang ilmu, bab kedua tentang taubat, bab ketiga mengenai segala ‘awāi’(hambatan), bab keempat al-‘awāriḍ (perlintangan), bab kelima al-bawa’ith (pembalasan), bab keenam al-qawādiḥ (pemicu), dan bab ketujuh syukur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi > 2X9.6 Perkembangan Islam di Berbagai Negeri Setelah 1800
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Ulfa Zahara Ulfa
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:58
Last Modified: 24 Aug 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31214

Actions (login required)

View Item
View Item