Analisis Kesulitan Belajar Materi Fiqih Mawaris Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Aceh Besar Tahun 2022

Muhammad Rindiani Harahap, 190201012 (2023) Analisis Kesulitan Belajar Materi Fiqih Mawaris Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Aceh Besar Tahun 2022. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Belajar Materi Fiqih Mawaris] Text (Analisis Kesulitan Belajar Materi Fiqih Mawaris)
Muhammad Rindiani Harahap, 190201012, FTK, PAI, 081252376150.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kesulitan belajar adalah kondisi tertentu yang ditandai dengan adanya gangguan, hambatan atau kendala dialami oleh siswa dalam proses pembelajarannya khususnya pada pembelajaran fiqih materi mawaris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh siswa kelas XI MAN 1Aceh Besar dalam mempelajari materi fiqih mawaris, apa saja faktor penyebab kesulitan belajar fiqih materi mawaris pada siswa kelas XI MAN 1 Aceh Besar, dan bagaimana solusi guru PAI dalam mengatasi siswa mengalami kesulitan belajar materi fiqih mawaris. Penelitian ini menggunakan metode kualitaitf deskriptif dan kuantitaif (mixed methods). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pemberian angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas serta reduksi data. Hasil dalam penelitian ini ditemukan tiga kesulitan siswa yaitu: 1) kesulitan berhitung, 2) kesulitan memahami ashabah dan ketentuannya, dan 3) kesulitan memahami orang-orang yang terhalang untuk mendapatkan harta warisan. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar fiqih materi mawaris terbagi menjadi 2 yaitu: 1) faktor internal meliputi; minat belajar, intelegensi, percaya diri, dan konsentrasi. 2) faktor eksternal meliputi: lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah. Solusi yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu: 1) menggunakan metode pembelajaran yang efektif, 2) mengevaluasi kemampuan siswa, 3) memberikan motivasi semangat belajar, dan 4) membangun komunikasi dua arah antara guru dan orang tua

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rindiani Harahap Dian
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:06
Last Modified: 24 Aug 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31218

Actions (login required)

View Item
View Item