Pengembangan Media Busy Board dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini

Afri Mailita, 170210035 (2023) Pengembangan Media Busy Board dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Busy Board dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini] Text (Pengembangan Media Busy Board dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini)
SKRIPSI Afri Mafrita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Analisis kebutuhan yang ditemui saat observasi di TK Cingoran Desa Alai adalah masih kurang media pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk melihatkelayakan media busy board dalam meningkatkan kognitif anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan tahap Evaluation. Data diperoleh dari lembar validasi ahli materi media busy board sebesar 90% dengan jumlah frekuensi 7, didapatkan bahwa jumlah skor dari validator adalah 28, maka jumlah rata-rata skor skala likert 4 dengan skor maksimal adalah 35. Sedangkan untuk penilaian validasi ahli media, media busy board dengan jumlah frekuensi 13, didapatkan bahwa jumlah skor dari validator adalah 52, maka jumlah rata-rata skor skala likert 4, dengan skor maksimal adalah 65, sehingga memperoleh hasil persentase 80%. Kemudian untuk penilaian lembar observasi yang di uji coba pada 10 orang anak memperoleh nilai rata-rata skor dengan skala likert 3,0. Dengan banyak butir pertanyaan 4 dan banyak total skor skala likert 40, maka jumlah skor total ideal 160 dengan hasil persentase 76,7% yang berarti kemampuan kognitif anak berkembang sangat baik. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media busy board dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dan sangat layak digunakan dalam pembelajara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Afri Mailita Afri
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:06
Last Modified: 24 Aug 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31225

Actions (login required)

View Item
View Item