Pengaruh Subsidi Pupuk dan Subsidi Kredit Terhadap Nilai Tukar Petani di Indonesia

Hafiz Aulia, 180604024 (2023) Pengaruh Subsidi Pupuk dan Subsidi Kredit Terhadap Nilai Tukar Petani di Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Subsidi Pupuk dan Subsidi Kredit Terhadap Nilai Tukar Petani di Indonesia] Text (Pengaruh Subsidi Pupuk dan Subsidi Kredit Terhadap Nilai Tukar Petani di Indonesia)
Hafiz Aulia, 180604024, FEBI, IE, 082319042195.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Nilai Tukar petani digunakan untuk menghitung kesejahteraan petani berdasarkan hasil sumber daya alam diperoleh dari pendapatan pertanian. Susbidi pupuk dan subsidi kredit program merupakan program pemerintah diharapkan memberikan nilai tambah perekonomian masyarakat sehingga kesejahteraan petani akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Subsidi Pupuk dan Subsidi Kredit Program terhadap nilai tukar petani di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data time series dari tahun 2007-2022. Analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan pendekatan metode Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukan subsidi pupuk berpengaruh negatif, sedangkan subsidi kredit program berpengaruh positif terhadap nilai tukar petani di Indonesia. Diharapkan pemerintah memaksimalkan anggaran subsidi dan pendistribusian subsidi supaya meningkatnya kesejahteraan petani Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai Tukar Petani, Subsidi Pupuk, Subsidi Kredit Program.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hafiz Aulia Hafiz
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:10
Last Modified: 24 Aug 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31231

Actions (login required)

View Item
View Item