Implementasi Kawasan Tanpa Rokok Di Kantor Bupati Aceh Singkil Menurut Tinjauan Siyasah Tanfidziyah

Khairani Safitri, 180105102 (2023) Implementasi Kawasan Tanpa Rokok Di Kantor Bupati Aceh Singkil Menurut Tinjauan Siyasah Tanfidziyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Implementasi Kawasan Tanpa Rokok Di Kantor Bupati Aceh Singkil Menurut Tinjauan Siyasah Tanfidziyah] Text (Implementasi Kawasan Tanpa Rokok Di Kantor Bupati Aceh Singkil Menurut Tinjauan Siyasah Tanfidziyah)
Khairani Safitri, 180105102, FSH, HTN, 082277328529.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perilaku merokok telah menjadi suatu kebiasaan dalam masyarakat Indonesia yang sangat sulit untuk dihentikan, bahkan rokok sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Kebiasaan merokok seperti ini dapat merugikan diri sendiri bahkan orang lain disekitar yang menghirup asap rokok tersebut. Di Indonesia pemerintah mempunyai fungsi untuk menetapkan suatu kebijakan, kesehatan dan keselamatan kerja. Salah satunya pemerintahan Aceh Singkil menetapkan suatu kebijakan yaitu mengenai Kawasan Tanpa Rokok yang dituangkan dalam Qanun No 1 Tahun 2018. Penelitian ini mengkaji Bagaimana Implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Kantor Bupati Aceh Singkil? Apa Faktor penyebab Rendahnya Kepatuhan Pegawai Terhadap Kawasan Tanpa Rokok di Kantor Bupati Aceh Singkil? Serta bagaimana Tinjauan Siyasah Tanfidziyah Terhadap Kawasan Tanpa Rokok di Kantor Bupati Aceh Singkil?. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif analisis, sedangkan teknik pengumpulan data primer diperoleh secara langsung dengan wawancara bersama pihak yang bersangkutan, sedangkan data sekunder melalui penelitian Undang-undang, Qanun, dan perpustakaan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Kawasan Tanpa Rokok di ruang lingkup Kantor Bupati Aceh Singkil sudah diterapkan namun Qanun tersebut belum berjalan secara optimal dikarenakan beberapa faktor antara lain tidak adanya kesadaran dari diri masing-masing, tidak tersedianya fasilitas Kawasan Khusus untuk Merokok di Kawasan Kantor Bupati Aceh Singkil. Walaupun adanya teguran dari beberapa orang yang merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang seharusnya bebas dari rokok, tetapi para pelaku seperti acuh tak acuh akan teguran tersebut dikarenakan kurangnya ketegasan mengenai Qanun tersebut. Tinjauan siyasah tanfidziyah terhadap kawasan tanpa rokok sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariat islam yang diharapkan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan pemerintah Aceh Singkil khususnya di ruang lingkup Kantor Bupati Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Khairani Safitri
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:21
Last Modified: 24 Aug 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31237

Actions (login required)

View Item
View Item