Prinsip Kesukarelaan Relawan Terhadap Eksistensi Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar

Sapria Ningsih, 190503316 (2023) Prinsip Kesukarelaan Relawan Terhadap Eksistensi Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Prinsip Kesukarelaan Relawan Terhadap Eksistensi Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar] Text (Prinsip Kesukarelaan Relawan Terhadap Eksistensi Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar)
Sapria Ningsih, 190503316, FAH, IP, 082277809424.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skipsi ini berjudul “Prinsip Kesukarelaan Relawan Terhadap Eksistensi Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prinsip kesukarelaan relawan terhadap eksistensi Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari Pembina TBM, ketua TBM, serta 3 orang relawan di TBM Ar-Rasyid Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan prinsip kesukarelaan yang membuat TBM Ar-Rasyid masih bisa eksis dan berkembang dalam melakukan berbagai program kegiatan sampai dengan saat ini yaitu: manusia harus bermanfaat untuk orang lain, Ikhlas, Pilihan, suatu tempat berpartisipasi masyarakat, berusaha memenuhi kebutuhan lingkungan sosial, tidak dapat menggantikan pekerja yang dibayar, menghormati hak martabat orang lain baik dari latar belakang, suku, maupun ras, kesetaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Sapria Ningsih
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:40
Last Modified: 28 Aug 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31238

Actions (login required)

View Item
View Item