Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Monmata,Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya)

Dea Tiara Almaghfirah, 190602345 (2023) Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Monmata,Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Transparansi Pengelolaan Dana Desa, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, Kepuasan Masyarakat.] Text (Transparansi Pengelolaan Dana Desa, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, Kepuasan Masyarakat.)
Dea Tiara Almaghfirah, 190602345, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa terhadap kepuasan masyarakat dalam perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang berupa penyebaran kuesioner terhadap responden. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitiann ini adalah seluruh masyarakat Desa Monnmata, Kecamatan Kruueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling, sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 185 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert yang telah diuji keabsahan dan juga keandalannya. Penelitian ini melakukan perhitungan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa adanya pengaruh yang signifinikan antara variabel transparansi pengelolaan dana desa (X1) terhadap kepuasan masyarakat dengan hasil 3,422 > 1,973 dan akuntabilitas pengelolaan dana desa (X2) terhadap kepuasan masyarakat dengan hasil 6,165 > 1,973.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dea Tiara Almaghfirah Dea
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:25
Last Modified: 24 Aug 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31240

Actions (login required)

View Item
View Item