Perancangan Modul Praktikum Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Darul Kamal

Mulida Safwani, 170211109 (2023) Perancangan Modul Praktikum Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Darul Kamal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Modul Praktikum Berbasis Blended     Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan  Elektronika di SMKN 1 Darul Kamal] Text (Perancangan Modul Praktikum Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Darul Kamal)
Mulida Safwani, 170211109, FTK, PTE, 085283190262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kendala yang dihadapi di SMK Negeri 1 Darul Kamal yaitu masih menggunakan modul yang sifatnya masih dasar (gabungan antara teori dan praktek). Blended learning merupakan metode pembelajaran tatap muka yang didukung oleh pembelajaran berbasis elektronik (luring dan daring). Tujuan penelitian ini untuk: Menghasilkan modul praktikum berbasis blended learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 1 Darul Kamal, Tingkat kevalidasian modul praktikum berbasis blended learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 1 Darul Kamal. Peneliti menggunakan teknik penelitian R&D dengan prosedur penyusunan menggunakan metode 4D Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Dessiminate (Penyebaran), dengan jumlah sampel 4 pendidik yang terdiri dari 2 dosen dan 2 guru dengan menggunakan insrument penelitian angket validasi. Hasil pengujian validasi modul praktikum pembelajaran, data hasil validasi ahli materi validator 1 sebesar 83% dikategorikan valid dan layak digunakan, sedangkan validator 2 dengan nilai sebesar 97% dikategorikan sangat valid dan sangat layak digunakan. Validasi media, data hasil validator 1 sebesar 93% sedangkan validator 2 mengahasilkan 93 % dikategorikan sangat layak dan sangat valid digunakan. Adapun hasil validasi modul praktikum yang ditinjau dari segi materi dan media yang divalidasi oleh validator menunjukkan rata-rata 91,5% modul praktikum dikategorikan sangat valid dan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Berbasis Blended Learning, Dasar Listrik dan Elektronika
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Mulida Safwani
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:22
Last Modified: 28 Aug 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31243

Actions (login required)

View Item
View Item