Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) terhadap Hasil Belajar Al- Quran Hadis di MTsN 8 Aceh Besar

Indrawati, 211323731 (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) terhadap Hasil Belajar Al- Quran Hadis di MTsN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring)
Indrawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D indrawati.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D indrawati.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) terhadap Hasil Belajar Al-Quran Hadis Di MTsN 8 Aceh Besar. Motode pembelajaran tutor sebaya merupakan metode belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan dan bertanggung jawab secara mandiri. Hasil observasi yang dilakukan di kelas VIIIa MTsN 8 Aceh Besar menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum maksimal, dimana lebih dari 50% siswa tidak tuntas dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIa MTsN 8 Aceh Besar yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan hasil tes siswa terhadap penerapan motode tutor sebaya. Setelah semua data terkumpul, hal selanjutnya adalah analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas guru mengalami peningkatan dari 79,15% pada siklus I dan 81,66% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari 60% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan
v

motode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tajwid di MTsN 8 Aceh Besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motode tutor sebaya cukup efektif dibuktikan pada siklus I dan siklus II diterapkan dalam pembelajaran al-Qur’an hadis pada materi tajwid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Hamdiah, MA 2.Dr. Saifullah Isri, MA
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran,Hasil belajar, Al-Qur’an Hadis
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indrawati Aliuddin
Date Deposited: 26 Mar 2018 09:07
Last Modified: 26 Mar 2018 09:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item
View Item