Keanekaragaman Jenis Ikan di Sungai Merbau Dalam Wilayah Restorasi Tenggunlun Aceh Tamiang

Muslich Hidayat, 2002037902 (2023) Keanekaragaman Jenis Ikan di Sungai Merbau Dalam Wilayah Restorasi Tenggunlun Aceh Tamiang. In: Keanekaragaman Jenis Ikan di Sungai Merbau Dalam Wilayah Restorasi Tenggunlun Aceh Tamiang. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Ikan di Sungai Merbau Dalam Wilayah Restorasi Tenggunlun Aceh Tamiang] Text (Keanekaragaman Jenis Ikan di Sungai Merbau Dalam Wilayah Restorasi Tenggunlun Aceh Tamiang)
Muslich Hidayat, M.Si.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Sungai Merbau merupakan sungai besar yang melintasi wilayah Tenggulun Aceh Tamiang. Pasca restorasi di wilayah tenggulun tahun 2016 maka terjadi dinamika pertumbuhan vegetasi dan perubahan lingkungan di Sungai Merbau. Hal ini menyebabkan perubahan keanekaragaman Jenis ikan yang hadir. Sampai saat ini belum ada data informasi dan publikasi ilmiah mengenai jenis-jenis ikan yang terdapat di Sungai Merbau terutama pasca Restorasi..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi jenis ikan yang terdapat di sungai Merbau Restorasi Tenggulun, mengetahui tingkat keanekaragaman jenis ikan yang terdapat di sungai Merbau Restorasi Tenggulun, menganalisa pola pertumbuhan pada setiap spesies ikan dan dikaitkan dengan faktor kondisi serta mengidentifikasi status konservasi setiap jenis ikan. Pengambilan sampel ikan dilakukan pada 6 stasiun penelitian dengan menggunakan alat tangkap jaring insang, jala, pancing, dan serok. Analisis data tingkat keanekaragaman digunakan rumus Indeks Shannon-wienner, Pola pertumbuhan menggunakan rumus W= aLb. sedangkan status Konservasi berdasarkan IUCN. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat 22 spesies ikan dengan tingkat keanekaragaman tergolong sedang yaitu H'= 2,8436. Pola pertumbuhan ikan di sungai Merbau tergolong dalam kategori alometrik negatif (Pertumbuhan panjang lebih dominan dibandingkan bobot badan). Status Konservasi ikan Sungai Merbau yaitu belum dievaluasi (not evaluated) berjumlah 2 spesies (9%), status informasi kurang (data deficient) 1 spesies (4%), beresiko rendah (least concert) 16 spesies (73%). dan hampir terancam (near threatened) 3 spesies (14%).

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:00
Last Modified: 07 Nov 2023 08:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item
View Item