Ulama dan Rekonsiliasi (Studi tentang Peran Ulama Kharismatik Aceh dalam Proses Rekonsiliasi Pasca Konflik)

Muhammad Sahlan, 2024107702 (2023) Ulama dan Rekonsiliasi (Studi tentang Peran Ulama Kharismatik Aceh dalam Proses Rekonsiliasi Pasca Konflik). In: Ulama dan Rekonsiliasi (Studi tentang Peran Ulama Kharismatik Aceh dalam Proses Rekonsiliasi Pasca Konflik). Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ulama dan Rekonsiliasi (Studi tentang Peran Ulama Kharismatik Aceh dalam Proses Rekonsiliasi Pasca Konflik)] Text (Ulama dan Rekonsiliasi (Studi tentang Peran Ulama Kharismatik Aceh dalam Proses Rekonsiliasi Pasca Konflik))
LP_PDI_2019-Muhammad Sahlan.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang posisi, peran dan konstribusi ulama kharismatik Aceh dalam proses rekonsiliasi pasca konflik serta potensi apa yang bisa dilakukan oleh ulama kharismatik sebagai agen rekonsiliasi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penulis menunjukkan bahwa secara konteks ketelibatan ulama dalam rekonsiliasi sangat berhubungan dengan trajektori konflik dan pemahaman terhadap rekonsiliasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya yang dimiliki ulama aceh saat ini dapat menyelesaikan persoalan keummatan dengan berperan dalam aspek kultural dan struktural. Aspek kultural dan struktural tersebut mengejawantah dalam setiap aktivitas ulama seperti aktivitas transmisi pengetahuan, mediator serta sebagai pemberi kejelasan hukum atas permasalahan ummat.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:03
Last Modified: 07 Nov 2023 09:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31252

Actions (login required)

View Item
View Item