Implementasi Pembinaan Materi Keagamaan untuk Calon Pengantin Melalui Bimbingan Perkawinan di KUA Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar

Nurraudhah Fitriah, 211003021 (2023) Implementasi Pembinaan Materi Keagamaan untuk Calon Pengantin Melalui Bimbingan Perkawinan di KUA Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Pembinaan Materi Keagamaan untuk Calon Pengantin Melalui Bimbingan Perkawinan di KUA Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar] Text (Implementasi Pembinaan Materi Keagamaan untuk Calon Pengantin Melalui Bimbingan Perkawinan di KUA Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar)
Gabungan (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Bimbingan pranikah menjadi hal yang sangat penting karena bisa menjadi solusi bagi masyarakat daerah untuk mengatasi ataupun mengurangi terjadinya krisis pernikahan yang berakhir pada perceraian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan pemahaman calon pengantin setelahh bimbingan perkawinan di KUA Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembinaan materi keagamaan untuk calon pengantin melalui bimbingan perkawinan di KUA Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar dilakukan dengan merujuk pada Kepdirjen Dinul Islam nomor 881 tahun 2017 tentang petunjuk pelaksanaan bimbingan perkawinan. Pemahaman calon pengantin dalam mengikuti pembinaan perkawinan sebagian sudah memahami dan sebagian catin masih belum begitu paham, dengan waktu yang telah ditentukan dengan pembinaan bimbingan kepada calon pengantin membuat sebagian pengantin cepat memahami materi yang diberikan, dan juga pengantin yang tidak begitu memahami dengan materi yang disampaikan selama ini dan tergolong baru saja mendengar materi tersebut dan pengawasan dilaksanakan oleh Kementerian Agama provinsi kepada Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan KUA Kabupaten untuk melihat metode penerapan, penyelenggaraan, dan pengelolaan keuangan pembinaan peranikah dan evaluasi dalam kegiatan bimbingan kepada calon pengantin dilaksanakan dengan menanyakan kembali materi-materi yang telah diberikan di akhir bimbingan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurraudhah Fitriah Raudhah
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:24
Last Modified: 25 Aug 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31258

Actions (login required)

View Item
View Item