Peran Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota (DLHK3) Dalam Menangani Pelaku Pembuangan Sampah Sembarangan Di Kota Banda Aceh (Ditinjau Dari Qanun Kota Banda Aceh No. 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah)

Rifa Salsabila, 170802019 (2023) Peran Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota (DLHK3) Dalam Menangani Pelaku Pembuangan Sampah Sembarangan Di Kota Banda Aceh (Ditinjau Dari Qanun Kota Banda Aceh No. 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota ( Dlhk3) Dalam Menangani Pelaku Pembuangan Sampah Sembarangan Di Kota Banda Aceh (Ditinjau Dari Qanun Kota Banda Aceh No. 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah )] Text (Peran Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota ( Dlhk3) Dalam Menangani Pelaku Pembuangan Sampah Sembarangan Di Kota Banda Aceh (Ditinjau Dari Qanun Kota Banda Aceh No. 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah ))
Rifa Salsabila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Peran Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Keindahan Kota (DLHK3) Dalam Menangani Pelaku Pembuangan Sampah Sembarangan Di Kota Banda Aceh (Ditinjau Dari Qanun Kota Banda Aceh No. 1 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah)
Penelitian ini diangkat karena masih terjadinya beberapa kasus perilaku membuang sampah sembarangan dikalangan masyarakat Kota Banda Aceh dan peran pemerintah Kota Banda Aceh masih mengalami berbagai kendala penanganan kasus pelaku membuang sampah sembarangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) dalam menangani pelaku pembuangan sampah sembarangan di Kota Banda Aceh dan kendala DLHK3 dalam menangani pelaku pembuangan sampah sembarangan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian terdiri dari pihak DLHK3, Satpol PP dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran DLHK3 dilihat dari aspek satuan kebijakan berupa mempertimbangkan berbagai dampak dari kegiatan yang akan dilakukan serta melibatkan pihak-pihak lain dalam penanganan perilaku membuang sampah sembarangan. Sebagai strategi, adanya penyediaan fasilitas pembuangan sampah dan menyediakan tenaga SDM untuk penanganan pelaku pembuangan sampah sembarangan. Sebagai alat komunikasi, bekerja sama dengan Satpol PP dan WH, pengadilan, kepolisian dan masyarakat, sedangkan sebagai alat penyelesaian sengketa, diadakannya patroli dan OTT serta memberikan hukuman bagi pelaku pembuangan sampah sembarangan tersebut. Kendala DLHK3 dalam menangani pelaku pembuangan sampah sembarangan secara internal terlihat dibidang teknis dalam mensosialisasikan qanun pengelolaan sampah dan keterbatasan tenaga SDM yang memiliki kompetensi terkait penanganan perilaku membuang sampah sembarangan tersebut. Sedangkan kendala eksternal yang bersumber dari masyarakat sendiri yang perilakunya tidak patuh peraturan yang ada. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa secara umum pihak DLHK3 sudah menjalankan peranannya dalam penanganan perilaku membuang sampah sembarangan di Kota Banda Aceh, sekalipun masih terdapat kendala dalam melaksanakan perannya tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.153 Lingkungan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rifa Salsabila Rifa
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:02
Last Modified: 25 Aug 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31261

Actions (login required)

View Item
View Item