Analisis Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm)

Syahputra Bangun, 190205009 (2023) Analisis Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm)] Text (Analisis Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm))
Syahputra Bangun, 190205009, FTK, PMA, 085835753231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Numerasi merupakan kecakapan untuk menggunakan berbagai angka dan simbol yang terakit dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Salah satu untuk mengukur numerasi siswa ialah dengan memberika tes soal AKM. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A SMA Swasta Raudhatul Jannah yang terdiri dari tiga orang siswa yaitu siswa dengan numerasi tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, lembar tes numerasi dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Subjek dengan kategori tinggi mampu memenuhi ketiga indikator numerasi dengan baik (2) Subjek dengan kategori sedang hanya mampu memenuhi dua dari tiga indikator numerasi (3) Subjek dengan kategori rendah hanya mampu memenuhi satu indikator numerasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Syahputra Bangun
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:49
Last Modified: 25 Aug 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31262

Actions (login required)

View Item
View Item