Peran PTKIN Dalam Mengaktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Di Aceh

Mawardi, 2014087801 (2023) Peran PTKIN Dalam Mengaktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Di Aceh. In: Peran PTKIN Dalam Mengaktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran PTKIN Dalam Mengaktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Di Aceh] Text (Peran PTKIN Dalam Mengaktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Di Aceh)
Dr. Maizuddin, M.Ag..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dalam masyarakat Indonesia yang multibudaya, sikap keberagamaan yang ekslusif yang hanya mengakui kebenaran dan keselamatan secara sepihak, tentu dapat menimbulkan gesekan antar kelompok agama. Konflik keagamaan yang banyak terjadi di Indonesia, umumnya dipicu adanya sikap keberagamaan yang ekslusif, serta adanya kontestasi antar kelompok agama dalam meraih dukungan umat yang tidak dilandasi sikap toleran, karena masing-masing menggunakan kekuatannya untuk menang sehingga memicu konflik. Moderasi beragama merupakan sebagai jalan tengan dalam mencegah terjadinya paham radikal di masyarakat. sikap salin menghormati antar pemeluk agama juga merupakan suatu keharusan yang harus dijalankan sebagai sikap pluralism. Tujuan penelitian ini adalah ingin membahas Peran PTKIN Dalam Mengaktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme di Aceh. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam (indept interview), Fokus Grouf Discussion (FGD), Kuisioner dan telaah dokumen. Kajian mengenai Peran PTKIN Dalam Mengaktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme di Aceh. Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci utama untuk terciptanya hidup saling toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, global, maupun nasional. Dengan adanya moderasi dapat menolak ekstremisme dan radikalisme dalam beragama yang merupakan sebagai kunci keseimbangan. Dalam arti, memilih jalan tengah yang tidak memihak pada ekstrem kanan ataupun ekstrem kiri. Maka dengan cara inilah masing-masing umat beragama dapat memperlakukan orang lain secara baik, sopan, menerima perbedaan, serta hidup bersama dalam damai dan sejahtera.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:58
Last Modified: 07 Nov 2023 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31264

Actions (login required)

View Item
View Item