Pemanfaatan Media Roda Misteri dalam Pembelajaran Fikih di MIN 9 Banda Aceh

Syukriani, 211003001 (2023) Pemanfaatan Media Roda Misteri dalam Pembelajaran Fikih di MIN 9 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Roda Misteri dalam Pembelajaran Fikih di MIN 9 Banda Aceh] Text (Pemanfaatan Media Roda Misteri dalam Pembelajaran Fikih di MIN 9 Banda Aceh)
8. FULL TESIS (SYUKRIANI).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran Fikih dengan model pembelajaran menyenangkan yang berprinsip bahwa siswa harus terlibat aktif dalam setiap proses pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa Roda Misteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pemanfaatan dan kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media Roda Misteri dalam pembelajaran Fikih di MIN 9 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fikih dengan memanfaatkan media Roda Misteri di MIN 9 Banda Aceh direncanakan dengan memasukkan media Roda Misteri pada bagian inti RPP. Pemanfaatan media Roda Misteri dalam pembelajaran Fikih dimulai dari guru menyiapkan RPP, materi dan kartu-kartu yang berisi tentang materi. Materi yang akan diajarkan ditempel pada lapisan pertama pada Roda Misteri. Kemudian siswa mengambil salah satu kartu yang sama isinya yang ditunjukkan oleh jarum pada Roda Misteri, kemudian siswa mengemukakan pendapatnya di depan kelas mengenai materi yang terdapat pada kartu tersebut. Kelebihan media Roda Misteri yaitu dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan juga membuat pembelajaran tidak membosankan, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi belajar. Adapun kekurangan media Roda Misteri yaitu media tersebut masih digunakan dengan cara manual sehingga tidak dapat digunakan untuk belajar di kelas-kelas digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syukriani Syuk
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:15
Last Modified: 12 Sep 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31268

Actions (login required)

View Item
View Item