Peran PTKIN Dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama Di Aceh

Safrilsyah, 2020047001 (2023) Peran PTKIN Dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama Di Aceh. In: Peran PTKIN Dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama Di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran PTKIN Dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama Di Aceh] Text (Peran PTKIN Dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama Di Aceh)
Dr. Safrilsyah, S.Ag, M.Si.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Maraknya kasus intoleransi beragama di Aceh menjadi perhatian publik Pemerintah hadir merespon kondisi ini dengan membentuk FKUB sebagai instrument problem solving. Rumusan penelitian ini terdiri dalam beberapa elemen, diantaranya: Apa saja potensi dan sumberdaya kerukunan beragama di PTKIN. Bagaimana bentuk partisipasi PTKIN dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Aceh dan Sejauhmana intervensi PTKIN dalam tata kelola kerukunan umat beragama di Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, terdiri dari kalangan akademisi dari beberapa PTKIN yang diperbandingkan. Lokasi penelitian ini terdiri dari tiga PTIKN yaitu, UIN Ar-Raniry di Kota Banda Aceh; IAIN Cot Kala di Kota Langsa; dan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di Kabupaten Aceh Barat. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara/FGD, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data penelitian digunakan, metode deskriptif, metode interpretasi dan metode komparatif. Beberapa hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kerukunan beragama di Aceh relatif belum menggembirakan, belum sesuai dengan harapan. Masih terdapat pertikaian, konflik, dan polemik dalam kehidupan umat beragama. Konflik yang terjadi secara fenomenal, meskipun bukan dalam skala yang luas, lebih bersifat internal (intern umat beragama Islam antara tradisional dengan non-tradisonal). Selanjutnya PTKIN di Aceh memiliki potensi dan sumber daya yang besar untuk dapat mewujudkan kerukunan beragama di Aceh. Terdapat hasil penelitian yang mengkaji problematika kerukunan umat beragama, yang diproduksi oleh kalangan dosen dan juga mahasiswa. Terdapat unit atau lembaga khusus “Rumah Moderasi Beragama” yang didedikasikan untuk mewujudkan kerukunan dan moderasi beragama.

Item Type: Book Section
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 140 Specific Philosophical Schools and Viewpoints (Pandangan Filsafat Khusus dan Sistem Doktrin)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:03
Last Modified: 07 Nov 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31272

Actions (login required)

View Item
View Item