Framework Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dosen Pengampu Mata Kuliah Berprofil Edupreneur Berbasis KKNI pada LPTK_PTKIN di Aceh

Lailatussaadah, 2027127505 (2023) Framework Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dosen Pengampu Mata Kuliah Berprofil Edupreneur Berbasis KKNI pada LPTK_PTKIN di Aceh. In: Framework Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dosen Pengampu Mata Kuliah Berprofil Edupreneur Berbasis KKNI pada LPTK_PTKIN di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Framework Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dosen Pengampu Mata Kuliah Berprofil Edupreneur Berbasis KKNI pada LPTK_PTKIN di Aceh] Text (Framework Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dosen Pengampu Mata Kuliah Berprofil Edupreneur Berbasis KKNI pada LPTK_PTKIN di Aceh)
Lailatussaadah, S.Ag., M.Pd..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi LPTK-PTKIN di Aceh dalam menguatkan kapasistas Technologal Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dosen pengampu mata kuliah berprofil edupreneur, mendeskripsikan tingkat TPACK dosen, perbedaan TPACK dosen berdasarkan LPTK serta menemukan framework (TPACK) dosen pengampu mata kuliah berprofil edupreneurship pada LPTK-PTKIN di Aceh. Peneliti menggunakan mix method, dengan teknik wawancara, dokumentasi dan kuesioner dalam mengumpulkan data di tiga LPTK-PTKIN. Analisis data kuantitatif dari sebaran kuesioner terhadap 45 responden menggunakan statistik deskriptif dan inferensi. Data wawancara, telaah kurikulum dan RPS dilakukan dengan kualitatif. Hasil penelitian bahwa strategi pengembangan TPACK dosen secara umum terdapat kesamaan strategi antara tiga LPTK yang diteliti yaitu melakukan pengembangan melalui pelatihan, mengadakan seminar, pemberian insentif bagi dosen yang melakukan pengembangan keilmuan pada jurnal internasional. Tingkat TPACK dosen pengampu MK berprofil edupreneur adalah tinggi dan tidak terdapat perbedaan TPACK dosen berdasarkan LPTK-PTKIN yang diteliti. Framework TPACK dosen sangat baik dalam pengintegrasian teknologi, pedagogik dan konten, namun outcomes masih sebatas teori dan praktik dalam MK, tidak dilanjutkan secara sustainable sehingga produk MK ini terputus dan belum melakukan refleksi sebagai landasan perencanaan perkuliahan semester mendatang. Implikasi temuan bahwa penelitian ini berharap dapat membantu PT dan dosen dalam menjalankan perkuliahan bukan hanya sebatas teori dan praktik dalam MK namun melakukan secara sustainable.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:59
Last Modified: 07 Nov 2023 07:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31273

Actions (login required)

View Item
View Item