Implementasi Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Di Gampong Bada Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Nadila Sari, 160802088 (2023) Implementasi Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Di Gampong Bada Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)  Di Gampong Bada Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar] Text (Implementasi Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Di Gampong Bada Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Besar terdiri dari 23 Kecamatan, 68 Mukim dan 604 Gampong/Desa. Luas Wilayah kabupaten Aceh Besar adalah 2.903.50 km2, sebagian besar berada di daratan dan sebagian kecil berada di kepulauan. Tahun 2020 lalu, Angka kemiskinan di Aceh Besar sebesar 13,84% ditargetkan turun sebesar 2,84% di tahun 2021 ini. Gampong Bada adalah salah satu gampong di Kecamatan Ingin Jaya dan PKH mulai dilaksanakan pada tahun 2012, dengan jumlah 7 KPM dan tahun 2017 sebanyak 13 KPM. Bantuan yang yang diberikan kepada KPM berupa uang, dan sembako sejak tahun 2019. fenomena di lapangan menunjukkan pelaksanaan PKH ini masih belum tepat sasaran, sedangkan tujuan program PKH adalah mengatasi masalah kemiskinan, implementasi PKH diharapkan lebih optimal sehingga tujuan dari program ini dapat terwujud. Penelitian ini mengunakan metode pendekataan kualitatif, yakni dengan menggunakan dan memanfaatkan data dengan cara mengumpulkan, menjaring, serta mengolah data atau informasi untuk dipelajari dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Bantuan PKH di Gampong Bada sudah terlaksana dengan baik, Program Keluarga Harapan (PKH) di Gampong Bada juga sudah menenuhi indikator tepat sasaran, tepat jumlah, tepat guna dan tepat waktu dan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Gampong Bada, namun masih terdapat kendala terkait dengan Implementasi Bantuan PKH di Gampong Bada. Adapun kendala ataupun hambatan yang membuat pelaksanaan Bantuan PKH belum berjalan maksimal yaitu komunikasi antara pusat dan pedamping belum berjalan maksimal mengenai ketentuan-ketentuan terbaru terkait bantuan PKH. Terhadap penerima yang sudah tidak tepat sasaran, pendamping PKH dan perangkat desa sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pemutakhiran data.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nadila Sari Nadila
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:36
Last Modified: 25 Aug 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31287

Actions (login required)

View Item
View Item