Strategi Bertahan Pedagang Pasar Tradisional di Masa Covid-19 Menurut Perspektif Ekonomis Islam

Putri Iklima, 190602109 (2023) Strategi Bertahan Pedagang Pasar Tradisional di Masa Covid-19 Menurut Perspektif Ekonomis Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Bertahan Pedagang Pasar Tradisional di Masa Covid-19 Menurut Perspektif Ekonomis Islam] Text (Strategi Bertahan Pedagang Pasar Tradisional di Masa Covid-19 Menurut Perspektif Ekonomis Islam)
Putri Iklima, 190602109, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pasar Rukoh merupakan pasar yang terletak di kota Banda Aceh. Pasar Rukoh selalu ramai setiap harinya oleh pembeli, namun karena kondisi pandemi Covid-19 saat itu berdampak pada kegiatan ekonomi di pasar Rukoh. Pembeli mayoritas berkurang karena takut tertular virus Covid-19. Hal ini berakibat pada menurunnya jumlah pendapatan para pedagang. Untuk itu agar bias bertahan di masa pandemi Covid-19, para pedagang melakukan strategi bertahan agar bias tetap menghasilkan pendapatan. Tujuan kegiatan penelitian ini untuk mengetahui strategi pedagang pasar Rukoh untuk bertahan di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga jenis strategi bertahan yang telah dilakukan, yaitu: 1) Strategi aktif, dengan meningkatkan kualitas barang dan pelayanan, adanya bantuan keluarga dalam bekerja, 2) Strategi Pasif, yaitu dengan mengurangi persediaan barang dagangan, mengurangi jumlah karyawan, dan melakukan sistem antar gratis, 3) Strategi jaringan, dengan menjalin hubungan baik dengan pembeli, memanfaatkan jejaring sosial untuk berjualan dan berkerjasama dengan ojek online. Adapun strategi bertahan menurut perspektif ekonomi Islam yaitu: bersifat jujur dalam menjelaskan barang dan mempromosikan barang, bersifat adil dalam penetapan harga, dan memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp sebagai tempat mereka berjualan sehingga dapat membantu pembeli untuk berbelanja di masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Iklima Iklima
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:43
Last Modified: 30 Aug 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31288

Actions (login required)

View Item
View Item