Pola Distribusi Spesies Kelas Polyplacophora Di Kawasan Pantai Lhok Mata Ie Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan

Safriani, 180207072 (2023) Pola Distribusi Spesies Kelas Polyplacophora Di Kawasan Pantai Lhok Mata Ie Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pola Distribusi Spesies Kelas Polyplacophora Di Kawasan Pantai Lhok Mata Ie Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan] Text (Pola Distribusi Spesies Kelas Polyplacophora Di Kawasan Pantai Lhok Mata Ie Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan)
Safriani, 180207072, FTK, PBL, 08524436956.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pola distribusi pada tiap-tiap spesies itu berbeda-beda tergantung kondisi lingkungan habitat dimana Polyplacophora itu berada. Perairan pantai Lhok Mata Ie merupakan tempat wisata sehingga banyaknya aktivitas masyarakat yang dapat mempengaruhi pola penyebaran spesies kelas Polyplacophora dan masih terbatasnya referensi tentang pola distribusi sehingga perlu dikaji dengan suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis polyplacopora, pola penyebaran dan hasil uji kelayakan produk hasil penelitian sebagai referensi tambahan mata kuliah ekologi hewan. Penelitian ini dilakukan di kawasan pantai Lhok Mata Ie Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar pada bulan Januari 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode transek garis (Line Transek). Penentuan lokasi dan penempatan stasiun penelitian dilakukan berdasarkan teknik Purposive Sampling. Analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa ditemukan 2 spesies kelas Polyplacophora yaitu Acanthopleura gemmata dengan nilai indeks morisita 3,96 dan Acanthopleura loochooana dengan nilai indeks morisita 3,74 yang berarti nilai Iδ > 1, berdasarkan nilai tersebut maka kriteria distribusi spesies kelas Polyplacophora tergolong mengelompok. Produk yang di hasilkan berupa buku saku yang dapat dijadikan sebagai referensi tambahan mata kuliah Ekologi Hewan. Hasil uji kelayakan buku saku oleh tim ahli didapatkan rata-rata persentase sebesar 80% dengan kriteria layak. Dengan demikian buku saku yang dihasilkan layak untuk dijadikan referensi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Safriani Safriani
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:40
Last Modified: 25 Aug 2023 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31289

Actions (login required)

View Item
View Item