Keanekaragaman Jenis Gastropoda Di Zona Litoral Pantai Lhok Mata Ie Sebagai Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar

Qatrun Nida, 180207080 (2023) Keanekaragaman Jenis Gastropoda Di Zona Litoral Pantai Lhok Mata Ie Sebagai Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Gastropoda Di Zona Litoral Pantai Lhok Mata Ie Sebagai Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar] Text (Keanekaragaman Jenis Gastropoda Di Zona Litoral Pantai Lhok Mata Ie Sebagai Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar)
Qatrun Nida, 180207080, FTK, PBL, 085274750691.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Gastropoda yang terdapat di Kawasan Pantai Lhok Mata Ie masih belum terdata. Media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 1 Peukan Bada pada Materi.Keanekaragaman Hayati berupa buku paket, sehingga diperlukan media pembelajaran tambahan. Penelitian ini menghasilkan buku saku mengenai Keanekaragaman Gastropoda yang dapat dijadikan referensi tambahan pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Spesies Gastropoda di Zona Litoral Pantai Lhok Mata Ie, untuk mengetahui Keanekaragaman Gastropoda, dan untuk mengetahui hasil uji kelayakan produk penelitian. Manfaat dari gastropoda diantaranya sebagai bahan pangan, bahan industry, dan bahan campuran bagi makanan ungags. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi dua jenis Metode Transek yaitu Transek garis dan petak kuadrat. Teknik pengambilan sampel merupakan Purposive Sampling. Analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa ditemukan 598 individu dari 28 spesies Gastropoda, yang tergolong kedalam 5 ordo diantaranya: Ordo Neritimorpha, ordo Neogastropoda, ordo Archaegastropoda, ordo Mesogastropoda, dan terakhir Ordo Patellogastropoda. Keanekaragaman Gastropoda di Zona Litoral Pantai Lhok Mata Ie Kabupten Aceh Besar tergolong sedang yaitu Ĥ =1,88239974. Produk yang disajikan adalah dalam bentuk buku saku yang dapat dijadikan sebagai referensi pendukung materi keanekaragaman hayati. Hasil uji kelayakan media Buku Saku oleh Tim Ahli Media di dapatkan Persentase sebanyak 85% dengan kriteria Sangat Layak, sedangkan Tim Ahli Materi didapatkan Persentase sebanyak 87% dengan criteria Sangat Layak. Hasil Respon siswa terhadap media pembelajaran buku saku dengan persentase 83,3% dengan criteria Sangat Layak. Dengan demikian media pembelajaran Buku Saku dengan judul Kenakeragaman Gastropoda di Zona Litoral Lhok Mata Ie layak digunakan sebagai pendukung Materi Keanekaraman Hayati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Qatrun Nida
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:39
Last Modified: 25 Aug 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31292

Actions (login required)

View Item
View Item