Peran Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh Dalam Penerapan SP4N-LAPOR Di Provinsi Aceh

Aldi Mariza, 180802134 (2023) Peran Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh Dalam Penerapan SP4N-LAPOR Di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh Dalam Penerapan SP4N-LAPOR Di Provinsi Aceh] Text (Peran Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh Dalam Penerapan SP4N-LAPOR Di Provinsi Aceh)
Aldi Mariza, 180802134, FISIP, IAN, 085228627463.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh merupakan representasi dari Ombudsman RI dalam menjalankan kewenangannya sebagai Lembaga pengawas pelayanan publik. Berdasarkan Permenpan RB No. 3 Tahun 2015 ikut terlibat dalam pelaksanaan SP4N-LAPOR yang merupakan pengaduan pelayanan publik secara online. Namun pada pelaksanaannya belum terlihat kedudukan dan tugas Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh secara rinci atas tugas-tugas pengawasan yang harus dijalankan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas peran dan penerapan SP4N-LAPOR pada Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh memiliki peran dalam evaluasi tindak lanjut pengaduan, pemantauan dan penindakan terhadap SP4N-LAPOR. Mereka juga membantu pengelolaan pengaduan dan memberikan sosialisasi serta bimbingan teknis mengenai SP4N-LAPOR. Meskipun Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh telah menerapkan SP4N-LAPOR, masih terdapat tantangan terkait SDM yang kurang memadai dan formulir pelaporan yang perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran, Penerapan, SP4N-LAPOR, Ombudsman RI.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Aldi Mariza
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:35
Last Modified: 25 Aug 2023 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31293

Actions (login required)

View Item
View Item