Persepsi Masyarakat Kecamatan Bintang Terhadap Pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah Kabupaten Aceh Tengah

Daiyani, 190201133 (2023) Persepsi Masyarakat Kecamatan Bintang Terhadap Pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Kecamatan Bintang Terhadap Pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah Kabupaten Aceh Tengah] Text (Persepsi Masyarakat Kecamatan Bintang Terhadap Pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah Kabupaten Aceh Tengah)
Daiyani, 190201133, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Dilihat dari keadaan saat ini, di kecamatan Bintang masyarakat lebih banyak memilih pendidikan anak dipesantren dibandingkan dengan di sekolah umum. Hal ini tentunya terkait dengan peran masyarakat sebagai orang tua yang lebih percaya terhadap pesantren. Oleh karena itu perlu untuk diketahui bagaimana pandangan masyarakat sekitar terhadap pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah. Pertanyaan penelitian bagaimana persepsi bapak/ibu terhadap Pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah? Menurut bapak/ibu seberapa penting pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah di Kecamatan Bintang? Apa alasan bapak/ibu memasukkan anak ke pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah? Apa harapan bapak/ibu terhadap pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi masyarakat terhadap signifikansi dayah di kecamatan Bintang yaitu pertama sebagai tempat belajar mengajar ilmu agama Islam dilihat dari lokasi yang strategis di Kecamatan Bintang. Kedua signifikansi dayah Al-Hasaniyah Al-Aziziyah juga dilihat dari pengaruh pesantren tersebut di kecamatan Bintang yakni untuk mencerdaskan generasi tentang syariat Islam. Hasil persepsi masyarakat Kecamatan Bintang terhadap Pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah adalah baik karena pesantren Al-Hasaniyah membawa perubahan bagi masyarakat Kecamatan Bintang sebagai lembaga pendidikan berbasis syariat Islam. Persepsi orang tua wali terhadap pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah adalah baik sebagai pendidikan anak karena dilihat dari sistem pendidikan di pesantren Al-Hasaniyah Al-Aziziyah yang baik dalam mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Daiyani Daiyani
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:00
Last Modified: 25 Aug 2023 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31298

Actions (login required)

View Item
View Item