Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, Pelayanan KTP,Nomor Induk Kependudukan Ganda.

Naisyawa Bidari Juana, 180802015 (2023) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, Pelayanan KTP,Nomor Induk Kependudukan Ganda. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, Pelayanan KTP,Nomor Induk Kependudukan Ganda.] Text (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, Pelayanan KTP,Nomor Induk Kependudukan Ganda.)
Naisyawa Bidari Juana, 180802015, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) adalah sistem informasi dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang bertanggung jawab dan berwenang melaksanakan pelayanan dalam urusan administrasi kependudukan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Namun, dalam pelayanan E-KTP masih ditemukan adanya masyarakat yang memiliki Nomor Induk Kependudukan Ganda karena terjadi dua kali rekam sidik jari dan masyarakat membuat dua KTP ditempat yang berbeda karena kepentingan dari masyarakat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dukungan dan kerjasama yang baik antar kecamatan yang ada di kota Banda Aceh dan bagaimana pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Banda Aceh melalui aplikasi sistem informasi administrasi kependudukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif menunjukkan bahwa pelayanan pada indikator implementasi terkait disposisi, pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh terkait Nomor Induk Kependudukan Ganda masih lemah karena tidak dilakukan pengecekan data masyarakat pada saat pendataan penduduk dan proses pindah datang masyarakat yang tidak terkoordinasi oleh penyelenggara layanan dalam sistem informasi administrasi kependudukan yang disebabkan karena kendala jaringan di pusat data pada saat akses layanan kependudukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mengelola data kependudukan adanya aplikasi wayerhouse untuk pengecekan data masyarakat serta pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terdiri dari operator layanan, verifikator layanan dan pengesahan dokumen oleh kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Naisyawa Bidari Juana Syawa
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:44
Last Modified: 25 Aug 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31299

Actions (login required)

View Item
View Item