Pengaruh Kepemimpinan, Status Kepegawaian, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Badan Pengelolaan Keuangan Aceh)

Arafah Aini, 180602079 (2023) Pengaruh Kepemimpinan, Status Kepegawaian, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Badan Pengelolaan Keuangan Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan, Status Kepegawaian, dan Motivasi Kerja  Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Badan  Pengelolaan Keuangan Aceh)] Text (Pengaruh Kepemimpinan, Status Kepegawaian, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Badan Pengelolaan Keuangan Aceh))
revisi sidang arafah - Copy (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini instansi pemerintah dituntut mampu mengelola sumber daya manusia sebagai aset utama yang mampu bersaing dalam mengembangkan instansi. Salah satu penentu utama yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilannya adalah kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh antar variabel Kepemimpinan, Status Kepegawaian, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Aceh ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara dengan menggunakan 78 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda variabel dummy, dengan uji t dan F digunakan untuk dapat mengetahui variabel bebas yang berpengaruh terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan software SPSS Versi 25 yang menunjukkan bahwa kepemimpinan dan motivasi berpengaruh positif sedangkan status kepegawaian berpengaruh namun tidak signifikan. Akan tetapi secara simultan kepemimpinan, status kepegawaian, dan motivasi kerja berparuh simultan dengan signifikan (0,00) terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Aceh. Adapun Perspektif Islam dalam kepemimpinan, status kepegawaian, dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaan Keuangan Aceh sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Arafah Aini Arafah
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:00
Last Modified: 25 Aug 2023 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31304

Actions (login required)

View Item
View Item