Potensi Objek Wisata Danau Bungara Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Kecamatan Kota Baharu Aceh Singkil

Eva Elviana, 190404071 (2023) Potensi Objek Wisata Danau Bungara Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Kecamatan Kota Baharu Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Potensi Objek Wisata Danau Bungara Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Kecamatan Kota Baharu Aceh Singkil] Text (Potensi Objek Wisata Danau Bungara Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Kecamatan Kota Baharu Aceh Singkil)
Eva Elviana, 190404071, FDK, PMI, 082341679918.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Potensi Objek Wisata Danau Bungara terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Danau Bungara. Pariwisata merupakan salah satu bidang yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di negara berkembang, termasuk negara Indonesia. Pariwisata memiliki potensi untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat yang bekerja di Objek Wisata tersebut dan juga masyarakat sekitar. Potensi yang dimiliki objek wisata Danau Bungara masih perlu dikembangkan lagi agar menjadi daerah tujuan wisata utama yang paling diminati di Aceh Singkil. Untuk itu peranan dari pengelola dan masyarakat sangatlah penting untuk mempromosikan, agar dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara lebih banyak lagi dalam meningkatkan minat pengunjung. Hal ini lah yang dikaji dalam tulisan ini. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi keindahan alam danau bungara sangat baik, hanya saja potensi ini belum berbanding lurus dengan jumlah pengunjung yang diharapkan, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti akses jalan yang masih sulit, sarana dan prasarana juga belum begitu mendukung untuk go public sebagai tujuan wisata yang profesional, selain itu promosi juga masih sangat terbatas. Sehingga potensi wisata ini belum sepenuhnya maksimal mendongkrak perekonomian masyarakat, padahal jika ditingkatkan wisata ini sangat berpeluang untuk bisa lebih berkembang dan berimplikasi bagi masyarakat kedepannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Eva Elviana
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:02
Last Modified: 25 Aug 2023 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31306

Actions (login required)

View Item
View Item