Peran Koperasi Syariah Dalam Penyaluran Modal Kegiatan Usaha Masyarakat (Kajian Pada Koperasi Syariah Baitul Qiradh Al-Istiqamah Kecamatan Lhoknga)

Nanda Rizqa Mutia, 190602005 (2023) Peran Koperasi Syariah Dalam Penyaluran Modal Kegiatan Usaha Masyarakat (Kajian Pada Koperasi Syariah Baitul Qiradh Al-Istiqamah Kecamatan Lhoknga). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Koperasi Syariah, Penyaluran Modal dan Kegiatan Usaha Masyarakat] Text (Peran Koperasi Syariah, Penyaluran Modal dan Kegiatan Usaha Masyarakat)
Nanda Rizqa Mutia, 190602005, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Koperasi syariah merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang membantu kesejahteraan para anggota dalam bentuk tolong-menolong dalam kebajikan (ta’awun ‘ala al-birri) dan bersama-sama (kolektif) dalam mendukung peningkatan usaha. Koperasi Syariah Baitul Qiradh Al-Istiqamah di Keude Bieng Kecamatan Lhoknga ini berkontribusi dalam membantu pembangunan sektor ekonomi masyarakat sehingga mereka dapat mendirikan sebuah usaha yang mampu menciptakan lapangan kerja dan juga meningkatkan keuntungan untuk menstabilkan perekonomian masyarakat. Menurut wawancara dengan anggota koperasi yang memiliki usaha, peran yang diberikan koperasi syariah ini masih kurang dan dampaknya juga masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari koperasi syariah dalam penyaluran modal kegiatan usaha masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dan lapangan (field research) melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang diberikan koperasi syariah ini bukan hanya stimulus saja, tetapi juga memberikan pembinaan dari segi manajemen dan membantu pengembangan usaha masyarakat serta berdampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nanda Rizqa Mutia Nanda
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:01
Last Modified: 29 Sep 2023 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31307

Actions (login required)

View Item
View Item