Sinkronisasi Program BKKBN, BP4 dan Lembaga Adat dalam Upaya Pencegahan Kasus Perceraian di Aceh

Anton Widyanto, 2009107601 (2023) Sinkronisasi Program BKKBN, BP4 dan Lembaga Adat dalam Upaya Pencegahan Kasus Perceraian di Aceh. In: Sinkronisasi Program BKKBN, BP4 dan Lembaga Adat dalam Upaya Pencegahan Kasus Perceraian di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sinkronisasi Program BKKBN, BP4 dan Lembaga Adat dalam Upaya Pencegahan Kasus Perceraian di Aceh] Text (Sinkronisasi Program BKKBN, BP4 dan Lembaga Adat dalam Upaya Pencegahan Kasus Perceraian di Aceh)
Dr. Anton Widyanto, M.Ag.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menggali informasi terkait dengan kendala yang dihadapi oleh BKKBN Perwakilan Aceh, BP4 Kementerian Agama dan Lembaga Adat dalam mencegah terjadinya kasus-kasus perceraian di Aceh. Lebih lanjut lagi studi ini juga ditujukan untuk memformulasikan langkah strategis BKKBN Perwakilan Aceh, BP4 Kementerian Agama dan Lembaga Adat untuk mencegah terjadinya kasus-kasus perceraian di Aceh. Studi berikut merupakan penelitian kualitatif di mana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian meliputi Kabupaten Bireuen, Aceh Utara dan Aceh Tengah. Pemilihan lokasi didasarkan pada data statistik jumlah kasus perceeraian yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program penguatan keluarga sebagai langkah antisipatif terjadinya perceraian sudah dilakukan oleh BP4 maupun BKKBN. Kedua lembaga ini sudah melakukan kerjasama dalam berbagai kegiatan yang arahnya untuk memperkuat keluarga sejahtera. Hanya saja belum ada program yang mengikutsertakan lembaga adat dalam pelaksanaannya. Hal ini menjadi aspek yang disuarakan oleh Majelis Adat Aceh, sebab peran dan posisi mereka yang pada dasarnya signifikan baik dalam konteks penguatan dan ketahanan keluarga karena dalam banyak hal berhadapan langsung dengan masyarakat, akan tetapi justru kurang dilibatkan. Oleh sebab itu pelibatan mereka dalam kegiatan yang selama ini sudah dijalin oleh BKKBN dan BP4 di Provinsi Aceh perlu menjadi perhatian yang serius.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Fikih Modern (Hukum Islam)
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:05
Last Modified: 07 Nov 2023 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31328

Actions (login required)

View Item
View Item