Perancangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Praktik Berbasis Web (Studi Kasus Prodi Teknologi Informasi)

Syauqi Ikramillah, 180705041 (2023) Perancangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Praktik Berbasis Web (Studi Kasus Prodi Teknologi Informasi). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Praktik Berbasis Web (Studi Kasus Prodi Teknologi Informasi)] Text (Perancangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Praktik Berbasis Web (Studi Kasus Prodi Teknologi Informasi))
tugasakhir5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Kuliah Kerja Praktik (KKP) ialah mata kuliah wajib untuk mahasiswa/i Prodi Teknologi Informasi untuk mendapatkan gelar sarjana. Kuliah Kerja Praktik merupakan sesuatu format untuk menggapai tingkatan keahlian tertentu dengan metode melakukan program pembelajaran di kampus ataupun instansi secara sistematis dan sinkron serta program penanggulangan yang diperoleh lewat kegiatan Kuliah Kerja Praktik di dunia kerja. Proses pendataan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKP di Prodi Teknologi Informasi masih dilakukan secara konvensional, seperti pendataan mahasiswa masih menggunakan Microsoft Excel dan pembuatan surat-surat kegiatan, penilaian, pengesahan dan lain-lain masih menggunakan Microsoft Word. Berdasarkan pada kasus tersebut, penulis berupaya untuk melakukan perancangan sistem informasi Kuliah Kerja Praktik berbasis web pada Program Studi Teknologi Informasi. Dalam perancangan dan pengembangan sistem ini juga memanfaatkan beberapa yaitu metode Waterfall dan Research and Development sebagai pengembangan terhadap sistem informasi KKP. Sistem informasi KKP ini juga dibangun menggunakan pemodelan berorientasi objek yaitu pemodelan UML (Unifield Modeling Language), untuk pembuatan dan Coding sistem ini menggunakan database MySQL, Framework PHP yaitu Codeigniter, HTML dan CSS. Untuk pengujian sistem informasi KKP yaitu menggunakan pengujian Black box testing. Maka dengan adanya sebuah sistem informasi Kuliah Kerja Praktik berbasis web maka dapat memberi kontribusi pada Prodi Teknologi Informasi dalam pengelolaan data kegiatan KKP. Berdasarkan hasil pengujian sistem menggunakan Black box testing yang terdapat dalam beberapa kuesioner bahwa dalam perancangan sistem informasi KKP bahwa sistem ini telah bebas dari kesalahan sintaks dan secara fungsionalitas dan menghasilkan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh user sehingga sistem ini layak untuk digunakan pada Prodi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Syauqi Ikramillah Syauqi
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:43
Last Modified: 29 Sep 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31329

Actions (login required)

View Item
View Item