Nilai-Nilai Pendidikan dalam Ritual Daur Hidup Masyarakat Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Abdul Manan, 2021067201 and Abdullah Munir, - (2016) Nilai-Nilai Pendidikan dalam Ritual Daur Hidup Masyarakat Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. -, "Balai Pelestarian: Nilai Budaya Aceh". ISBN 978-602-9457-55-1

[img]
Preview
Text (Membahas tentang ritual daur hidup Kluet Timur, Aceh Selatan)
Nilai-Nilai Pendidikan dalam Ritual Daur Hidup Masyarakat Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form A dan Form C.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilaksanakan rentetan ritual daur hidup dalam masyarakat Kluet Timur adalah sebagai pewarisan budaya, sehingga budaya-budaya masyarakat tidak terkontamidasi budaya luar yang telah merambah keseluruh pelosok negeri. Selain untuk mempertahankan nilai-nilai budaya yang telah diwariskan, rentetan ritual ini juga mewariskan nilai-nilai pendidikan yang mendalam bagi generasi penerus agar dapat mempertahankannya dengan baik. Ritual daur hidup ini sangat penting baik untuk “menggali pengetahuan” maupun untuk hubungan sosial. Melalui “menggali pengetahuan” seseorang dapat memperoleh pengetahuan ritual jika seseorang telah mempelajari teori-teori ritual tersebut baik secara formal maupun secara tidak formal, dan akan lebih cepat dikuasai bila kesempatan diberikan untuk mempraktekkannya langsung dalam kehidupan sosial (dalam aktivitas-aktiviatas adat).

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Ritual Daur Hidup, Masyarakat, Kluet Timur, Aceh Selatan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.344 Pendidikan Ketrampilan Khusus
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Abdul Manan
Date Deposited: 05 Apr 2018 10:25
Last Modified: 05 Apr 2018 10:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item
TOP