Pergulatan Ulama Salafi Dan Ulama Pesantren: Kontroversi Pengamalan Hadis Fikih (Studi Kasus Propinsi Aceh Dan Sumatera Utara Medan)

Nurdin Bakry, 2006065701 (2023) Pergulatan Ulama Salafi Dan Ulama Pesantren: Kontroversi Pengamalan Hadis Fikih (Studi Kasus Propinsi Aceh Dan Sumatera Utara Medan). In: Pergulatan Ulama Salafi Dan Ulama Pesantren: Kontroversi Pengamalan Hadis Fikih (Studi Kasus Propinsi Aceh Dan Sumatera Utara Medan). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pergulatan Ulama Salafi Dan Ulama Pesantren: Kontroversi Pengamalan Hadis Fikih (Studi Kasus Propinsi Aceh Dan Sumatera Utara Medan)] Text (Pergulatan Ulama Salafi Dan Ulama Pesantren: Kontroversi Pengamalan Hadis Fikih (Studi Kasus Propinsi Aceh Dan Sumatera Utara Medan))
Dr. Nurdin Bakry, MAg..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dakwah Aliran Salafi bertujuan melakukan pemurnian ajaran Islam dengan cara memberantas segala jenis penyelewengan praktik Islam yang telah bercampur baur dengan kultur non-Islam sehingga menimbulkan bid‘ah. Aliran salafi mengajak untuk kembali kepada Al-Qur’an dan hadits, di mana hadits hanya dipahami secara tekstual dan dalam dakwahnya ulama salafi menyerang ulama pesantren secara terbuka. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini, mengapa aliran salafi melakukan pergulatan secara terbuka terhadap ulama pesantren? Bagaimana resistensi yang dilakukan oleh ulama pesantren terhadap dakwah salafi khususnya dalam pemahaman hadits? Bagaimanakah pengaruh yang terjadi terhadap pelaksanaan Fiqih oleh masyarakat di Aceh dan Sumatera Utara Medan? Penelitian ini bersifat kualitatif yakni sebuah jalan penelitian dan pemahaman yang berlandaskan kepada cara menyelidiki keadaan lingkungan dan permasalahan masyarakat.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:03
Last Modified: 07 Nov 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31332

Actions (login required)

View Item
View Item