Pemenuhan Kebutuhan Afeksi Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh

Ciciy Andrea, 190405084 (2023) Pemenuhan Kebutuhan Afeksi Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemenuhan Kebutuhan Afeksi Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh] Text (Pemenuhan Kebutuhan Afeksi Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh)
Ciciy Andrea_190405084_KESOS_FDK_UIN Ar raniry.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Anak yang melakukan tindak pidana harus menjalani masa pidananya di LPKA menyebabkan mereka jauh dari jangkauan orang tua atau keluarganya dan terdapat anak yang tidak pernah dikunjungi dan dihubungi oleh orang tuanya terlihat murung dan tertutup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terpenuhi atau tidaknya kebutuhan rasa cinta dan kasih sayang pada anak dan layanan yang diberikan LPKA Kelas II Banda Aceh dalam memenuhi kebutuhan afeksi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan 10 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan afeksi pada Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA Kelas II Banda Aceh secara keseluruhan berjalan dengan baik. Terdapat beberapa orang tua atau keluarga mengunjungi atau menghubungi anaknya namun terdapat anak yang menerima penolakan. ABH mendapatkan perhatian, penerimaan, penghargaan, dan kasih sayang melalui pendampingan wali asuh. Pelayanan LPKA Kelas II Banda Aceh untuk memenuhi kebutuhan afeksi anak ialah adanya jadwal layanan kunjungan dan telepon bagi orang tua atau keluarga menjadikan anak merasa senang dan antusias menjalani pembinaan. ABH yang tidak pernah dikunjungi oleh orang tua atau keluarganya terus didampingi dengan tetap menghubungkan ABH dengan orang tua, keluarga atau aparatur gampong asalnya serta pembinaan sebagai tugas pokok LPKA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 365 Lembaga permasyarakatan dan lembaga berkaitan
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Ciciy Andrea Ciciy
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:24
Last Modified: 28 Aug 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31335

Actions (login required)

View Item
View Item