Transformasi Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis KKNI dalam Pengembangan Mutu Pendidikan

Saifullah Idris, 2006047203 (2023) Transformasi Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis KKNI dalam Pengembangan Mutu Pendidikan. In: Transformasi Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis KKNI dalam Pengembangan Mutu Pendidikan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Transformasi Kurikulum Perguruan Tinggi  Keagamaan Islam Berbasis KKNI dalam  Pengembangan Mutu Pendidikan] Text (Transformasi Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis KKNI dalam Pengembangan Mutu Pendidikan)
2020-LP_PTPN-Saifullah 2020.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Terhitung sejak reformasi digulirkan, pendidikan juga turut dituntaskan. Ada banyak perubahan yang dilakukan demi memperbaiki mutu pendidikan, salah satunya sistem kurikulum pendidikan. Tujuannya agar luaran pendidikan memiliki kemampuan yang relevan dengan kebutuhan pengguna dan tantangan zaman. Transformasi kurikulum menjadi hal yang biasa terjadi di berbagai berbagai negara, salah satunya Indonesia. Pendidikan saat ini berada di masa pengetahuan (knowledge age) dengan percepatan peningkatan pengetahuan yang luar biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi kurikulum perguruan tinggi keagamaan islam berbasis kkni dalam pengembangan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan model paradigma Naturalistik, sosial fenomenologis dan humanisme. Subjek dalam penelitian ini adalah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi, sedangkan data dianalisis secara berulang-ulang (cyclical) dengan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian didapatkan bahwa transformasi kurukulum pada PTKIN Indonesia dilakukan dengan menyusun langkah awal dalam menyusun kurikulum, yaitu dengan melakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat) dan tracer study serta labor market signals. Sedangkan mutu pendidikan dikawal dengan prinsip-prinsip manajemen yang fleksibel dan dinamis dengan memberlakukan konsep siklus PDCA (plan-do-check-act), yang terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan rencana, pemeriksaan hasil pelaksanaan rencana, dan tindakan korektif terhadap hasil yang diperoleh.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:35
Last Modified: 07 Nov 2023 08:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31350

Actions (login required)

View Item
View Item