Game PUBG dan Dampaknya terhadap Perkembangan Spiritualitas Generasi Millenial Indonesia (Tinjauan tentang Fatwa MPU Aceh dan MUI Pusat)

Muhibbuthabry, 2017016101 (2023) Game PUBG dan Dampaknya terhadap Perkembangan Spiritualitas Generasi Millenial Indonesia (Tinjauan tentang Fatwa MPU Aceh dan MUI Pusat). In: Game PUBG dan Dampaknya terhadap Perkembangan Spiritualitas Generasi Millenial Indonesia (Tinjauan tentang Fatwa MPU Aceh dan MUI Pusat). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Game PUBG dan Dampaknya terhadap Perkembangan Spiritualitas Generasi Millenial Indonesia (Tinjauan tentang Fatwa MPU Aceh dan MUI Pusat)] Text (Game PUBG dan Dampaknya terhadap Perkembangan Spiritualitas Generasi Millenial Indonesia (Tinjauan tentang Fatwa MPU Aceh dan MUI Pusat))
LP_PTPN_2020-Muhibbuthabry.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Game merupakan bagian yang tak terpisahkan dari situasi dan kondisi kehidupan yang mengitari kehidupan makhluk manusia. Game dalam bentuk online atau daring tidak hanya sebuah permainan tetapi juga ia sebagai hiburan yang sangat banyak diminati oleh para gamer. Salah satu game online yang banyak diminati adalah game PUBG. Kepopuleran game PUBG ini telah menjadi sorotan publik, baik dari kalangan medis, tokoh-tokoh pendidikan bahkan dari kalangan pata ulama. Game tersebut di samping memiliki sisi positifnya, namun juga dianggap dapat menimbulkan dampak negatif bagi para pemain, salah satunya dapat merubah perilaku dan mengganggu kesehatan bagi para pemainnya (gamer). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situs game PUBG dan dampaknya terhadap perkembangan jiwa keagamaan (spiritualitas) generasi millenial Indonesia. Stressingnya pada dampak yang dikaitkan dengan fatwa Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh dan Majelis Ulama Indonesia sesuai dengan data yang diperoleh berdasarkan sumbernya, baik data primer maupun sekunder. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak yang signifikan terhadap perkembangan jiwa dan kualitas pemahaman keagamaan generasi millenial saat ini. Hal yang menonjol adalah agresifitas dalam pemikiran, daya emosional meninggi, prilaku dan rasa empati menjadi menurun sebagai akibat kecanduan game.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:35
Last Modified: 07 Nov 2023 08:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31353

Actions (login required)

View Item
View Item