Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang PTKIN di Indonesia

Muhammad AR, 2021076001 (2023) Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang PTKIN di Indonesia. In: Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang PTKIN di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang  PTKIN Di Indonesia] Text (Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang PTKIN Di Indonesia)
LP_PTPN_2020-Muhammad AR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan peluang era revolusi industri 4.0 terhadap PTKIN di Indonesia, strategi peningkatan kualitas PTKIN menyonsong era revolusi industri 4.0 di Indonesia, dan implikasi era revolusi industri 4.0 terhadap pengembangan PTKIN di Indonesia. Motode penelitian yang digunakan kualitatif, subjek 2 rektor, 1 ketua STAIN, 6 orang wakil rektor, 3 wakil Ketua STAIN, 3 orang dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), dan 31 orang terdiri dari ketua prodi dan dosen pada PTKIN di Indonesia yang ditentukan secara purposive. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian, PTKIN masih mengalami tantagan pada era 4.0, berupa SDM dosen dan staf administrasi kurang berkompetensi dalam penguasaan teknologi, jaringan internet lambat, dan sarana perkulihan masih terbatas. Selain itu, era revolusi industri 4.0 juga membuka peluang terhadap pengembangan PTKIN; perubahan status dari IAIN menjadi UIN dan pengembangan program studi baru yang relevan dengan kebutuhan pada PTKIN. Strategi peningkatan kualitas PTKIN dalam menyonsong era revolusi industri 4.0 dilakukan dengan; pengembangan kompetensi dosen, implementasi kurikulum KKNI, pengembangan sarana perkuliahan, dan penerapan program ma’had. Era revolusi industri 4.0 berimplikasi terhadap pengembangan PTKIN di Indonesia.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:35
Last Modified: 07 Nov 2023 08:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31355

Actions (login required)

View Item
View Item