Peran Seni Dalail Khairat Dalam Menolak Paham Wahabi di Aceh

Asmanidar, 2031127701 (2023) Peran Seni Dalail Khairat Dalam Menolak Paham Wahabi di Aceh. In: Peran Seni Dalail Khairat Dalam Menolak Paham Wahabi di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Seni Dalail Khairat Dalam Menolak Paham Wahabi di Aceh] Text (Peran Seni Dalail Khairat Dalam Menolak Paham Wahabi di Aceh)
Asmanidar, S.Ag., MA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dalail Khairat merupakan salah satu jenis kesenian yang sangat islami dalam masyarakat Aceh, yang terdiri dari ajaran dan tuntunan yang dapat mengatur seseorang menuju kebaikan dan keutamaan atau media komunikasi antara seorang hamba yang bermunajat dan mengungkapkan cinta kasihnya kepada Nabi Saw. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Fokusnya pada Peran Seni Dalail Khairat Dalam Menolak Paham Wahabi di Aceh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kajian mengenai Peran Seni Dalail Khairat Dalam Menolak Paham Wahabi di Aceh menunjukkan bahwa penolakan terhadap paham Wahabi ternyata tidak hanya dengan aksi massa seperti yang terjadi di Mesjid Raya Baiturrahman, namun dilakukan juga dengan cara lain seperti seni. Salah satu seni yaitu seni suara dalam bentuk lagu dalam bahasa Aceh dinamakan dengan cae dengan nama dalael khairat. Paham Wahabi ini bagi masyarakat Aceh merupakan momok yang sangat menakutkan dan harus diingatkan pada generasi muda Aceh untuk mengenal wahabi dan menjauhkan Wahabi. Selain itu dampak seni Dalail Khairat dalam kehidupan masyarakat dapat menciptakan suasana keakraban, kemudian dapat menjauhi anggota masyarakat dari pengaruhnya terhadap gejala-gejala sosial saat ini, dan juga dengan adanya Dalail Khairat dapat tahu apa saja yang dimaikan dalam seni Dalail Khairat.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:03
Last Modified: 07 Nov 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31367

Actions (login required)

View Item
View Item